Haul Tuan Guru Sapat di Inhil Pertama Kali Dilaksanakan Pasca Pandemi 

Foto dokumentasi Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh M. Afif Al Banjari (sumber foto: WhatsApp Muhammad Irham)

 

 

SIBERONE.COM - Setelah adanya pandemi Covid 19 melanda dunia, kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau juga ikut terdampak dalam musibah tersebut sehingga aktifitas masyarakat dalam berkegiatan menjadi terbatas.

 

Akibat dari pembatasan ini, masyarakat tidak bisa melakukan kegiatan berkumpul termasuk juga dalam kegiatan pesta pernikahan, seminar tatap muka, buka bersama dan haul.

 

Salah satu kegiatan Akbar di Indragiri Hilir yang sempat tidak dilaksanakan secara terbuka karena terhalang Covid 19 yakni Haul Akbar Tuan Guru Sapat Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh M. Afif Al Banjari. 

 

Namun setelah melewati masa-masa tersebut akhirnya secara perlahan pandemi Covid 19 menurun, dan di tahun 2023 kegiatan sudah bisa dilakukan dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Pada tahun 2023 ini Haul Tuan Guru Sapat menjadi pertama kalinya dilakukan secara terbuka lagi setelah beberapa tahun terakhir dilakukan hanya sebatas pihak keluarga yang melakukan (tertutup).

 

Menurut Sekretaris Panitia Haul Akbar Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh M. Afif Al Banjari ke-85, Muhammad Irham pelaksanaan haul untuk pertama kalinya ini jatuh pada hari Kamis, 23 Februari 2023 di Kampung Hidayat Desa Teluk Dalam Kecamatan Kuala Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir.

 

 

"Kami Panitia Pelaksana Haul ke 85 Syekh Abdurrahman Siddiq, InsyaAllah akan melaksanakan Haul yang bertepatan pada hari Kamis, 23 Februari 2023 di Kampung Hidayat Desa Teluk Dalam Kecamatan Kuala Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir," tukas Muhammad Irham, Sabtu (28/1/2023).

 

Menurutnya, pelaksanaan tahun ini berbeda dari sebelumnya, karena 3 tahun terakhir pelaksanaan hanya digelar secara kekeluargaan dan tahun ini dibuat secara terbuka. 

 

"Berbeda dengan 3 tahun terakhir pelaksanaan hanya dilaksanakan secara kekeluargaan saja dikarenakan dalam masa Pandemi, di tahun 2023 InsyaAllah akan kami laksanakan secara Akbar, tentunya tetap menjalankan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Danramil dan Kapolsek setempat," ungkap Irham.

 

Irham yang juga Kepala Desa Teluk Dalam menjelaskan pihak sejauh ini sedang merampungkan kepanitiaan dan seterusnya akan melakukan rapat teknis mengenai kegiatan ini. 

 

"Masih dalam perampungan kepanitian, seminggu lagi baru rapat teknis," imbuhnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar